Universitas Muslim Buton: Menyambangi SMA N 6 Baubau

Oleh: Nurhayati

Marketing merupakan salah satu aspek penting di dalam berbagai kehidupan. Seluruh produk, baik jasa maupun produk lainnya membutuhkan konsep marketing, untuk memperkenalkan produk itu pada khalayak konsumen. Tak terkecuali dengan produk pendidikan seperti Universitas. Mereka harus memperkenalkan diri, agar masyarakat tahu tentang keberadaan sebuah perguruan tinggi. 

Menyadari pentingnya promosi, sebagai salah satu aspek penting dalam era industri 4.0. Maka pada hari ini, Senin 13 Januari 2020 jam 9.00, Universitas Muslim Buton menyambangi  SMA N 6 Baubau memperkenalkan Universitas Muslim Buton kepada calon mahasiswa. Ini dilakukan karena adanya kesadaran bahwa, tak kenal maka tak sayang.

Baca Juga Intrik Kuasa: Memicu Seteru, Memacu Konflik Wuna–Buton

Untuk memperkenalkan Universitas Muslim Buton, berapa dosen kemudian melakukan diskusi dengan siswa-siswi kelas 12 SMA N 6 Baubau. Sosialisasi ini dilaksanakan untuk memperkenalkan kembali UMU Buton dan dalam upaya perekrutan mahasiswa baru T/A 2020/2021. Universitas Muslim Buton menawarkan 8 program studi kepada calon mahasiswa, dengan memperkenalkan beberapa program unggulan yang ada di Universitas Muslim Buton.

Beberapa program unggulan itu antara lain adalah bahwa di samping mendapatkan ilmu pengetahuan sesuai dengan program studi yang dipilih, Universitas Muslim Buton juga akan memberikan beberapa skill kepada mahasiswa, sehingga ketika bermahasiswa mereka sudah menguasai beberapa keterampilan itu. Diharapkan semua lulusan Universitas Muslim Buton dapat memiliki kemandirian, serta daya saing baik di tingkat lokal, nasional dan tingkat global.

Baca Juga Harga Sesuatu: Tergantung Siapa yang Mengenalnya bagian (1)

Beberapa keunggulan yang akan diberikan kepada mahasiswa Universitas Muslim Buton adalah kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Seluruh siswa akan diberikan atau dilatih untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris sebagai alat komunikasi global, di samping kemampuan bahasa lokal dan bahasa Indonesia. Kedua, siswa juga akan dilatih dengan kemampuan inovasi dan ekonomi kreatif sebagai modal ketika mereka ber mahasiswa dan ketika mereka sudah ke luar dari kampus. Ketiga, Universitas Muslim Buton juga akan melatih mahasiswa dengan kemampuan marketing dan public relation, sehingga setiap mahasiswa memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk menunjang kehidupannya setelah selesai kuliah. Dan yang keempat adalah kemampuan teknologi informasi, mengingat saat ini kita sedang memasuki era industri 4,0.

Keempat keterampilan yang akan diberikan kepada mahasiswa Universitas Muslim Buton ini, akan menjadi salah satu kekuatan ketika mereka memasuki dunia kerja, dan bahkan sejak mereka bermahasiswa, mereka sudah dilatih oleh empat keterampilan itu, sehingga mereka bukan hanya menghabiskan waktu mereka untuk belajar teori, tetapi mereka juga dapat mempraktikkan berbagai ilmu dan ketrampilan mereka untuk menunjang kehidupan mereka, baik saat  menjadi mahasiswa maupun setelah menjadi alumni.

Untuk menunjang, skill inovasi dan ekonomi kreatif, Universitas Muslim Buton akan melatih mahasiswa sejak dini, sehingga mahasiswa memiliki  skill, inovasi, dan kreativitas dalam bentuk nyata. Mereka akan diidentifikasi kemampuan bisnisnya untuk kemudian dilatih dan didampingi. Mahasiswa yang dimiliki planning bisnis yang bagus, akan difasilitasi untuk mendapatkan dana perbankan dengan jaminan universitas.

Baca Juga Catatan Ringan: *MENYONGSONG KURIKULUM BARU*
Universitas Muslim Buton juga menawarkan beberapa beasiswa terutama untuk mahasiswa berprestasi dan berasal dari keluarga miskin. Mereka juga akan menawarkan kepada mahasiswa dan calon mahasiswa untuk mendapatkan fasilitas kuliah gratis terutama bagi mahasiswa atau calon mahasiswa yang hafist Quran.

Dalam kunjungan kali ini, Universitas Muslim Buton disambut dengan baik oleh siswa-siswa SMA negeri 6 Baubau. Mereka bergembira, karena mereka akan kuliah sambil berbisnis di bawah pimpinan Universitas Muslim Buton.

Baca Juga Harga Sesuatu Tergantung yang Mengenalnya (bagian 2)

Harga sesuatu Tergantung yang Mengenalnya (Bagian 3)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *