UNIVERSITAS MUSLIM BUTON: Jawaban atas Keresahan Generasi Milenial

Oleh:L Aman Tabia

Perjalanan tim sosialisasi Universitas Muslim Buton (UMU Buton) menembus sekolah-sekolah di Kabupaten Buton Utara menunjukan semangat yang luar biasa dan patut diberikan apresiasi atas tekad tim dalam memajukan UMU Buton, tentunya hal ini dilakukan bukan tanpa sebab, tetapi mengisyaratkan kampus ini telah memiliki banyak keunggulan yang menjadikan sebagai “energi baru” oleh tim untuk mempromosikan UMU Buton ke kalangan para pelajar SMA/sederajat kelas XII yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Baca Juga Universitas Muslim Buton: Tebar Beasiswa untuk Temukan Mahasiswa Berkualitas

Pendekatan yang kami lakukan dalam kegiatan promosi kampus secara langsung door to door untuk memperkenalkan lebih jauh tentang profil kampus, mendengarkan pertanyaan para siswa serta tentunya memaparkan berbagai kelebihan yang didapatkan oleh para mahasiswa/mahasiswi di UMU Buton, kelebihan itulah yang menjadi kekuatan (force) pendorong semangat tim untuk menelusuri berbagai daerah (Kota Baubau, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Buton Selatan, Kabupaten Buton Tengah, Kabupaten Bombana dan Kabupaten Wakatobi, dan sebagian ada dosen-dosen yang merupakan putra daerah Kabupaten Muna dan Muna Barat seperti Asis Sudrajat, Non Abdin, dan Veni Rosnawati, telah melakukan pengenalan kampus di kampung halamannya).

Baca Juga UNIVERSITAS MUSLIM BUTON GOES TO SCHOOL (30 Menit Menentukan Masa Depan)

Cukup banyak pertanyaan dari para siswa/siswi selama kami melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah, salah satunya adalah apakah keunggulan yang dimiliki oleh UMU Buton? Membahas keunggulan UMU Buton tentunya tidak lepas dari berbagai kekuatan yang ada di internal kampus, kekuatan tersebut akan menjadi daya ungkit yang sangat kuat untuk menjadikan civitas akademika sebagai manusia unggul.

Adapun kekuatan yang dimiliki oleh UMU Buton antara lain:
Keringanan biaya kuliah : Bagi mahasiswa/mahasiswa yang kuliah di kampus ini, anda tidak perlu lagi capek-capek mengumpulkan biaya pendaftaran dan biaya registrasi ulang karena SEMUANYA GRATIS. Uang SPP setiap semester hanya Rp.1.500.000 bisa dicicil 2 kali, dan biaya pembangunan selama kuliah 4 tahun hanya Rp.1.500.000 bisa dicicil 2 kali.
Kedepannya UMU Buton tidak ketergantungan 100% pada biaya SPP dan SPB dari mahasiswa yang terbukti telah menyusahkan para mahasiswa selama menimbah ilmu pengetahuan di kampus. Ada jenis usaha – usaha lain yang akan dikembangkan oleh kampus sebagai bagian dari pendapatan perguruan tinggi, dengan melibatkan para mahasiswa dan dosen dalam proses kegiatan usaha tersebut.
Berkas pendaftaran yang simple, hanya membawa fotocopy KTP / Kartu Keluarga 1 lembar, Fotocopy Ijazah atau Surat Keterangan Lulus dari sekolah 1 lembar, dan Pas Foto ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
Beberapa beasiswa yang akan didapatkan oleh mahasiswa/mahasiswi seperti:
Beasiswa Yayasan antara lain beasiswa tidak mampu yang diperuntukan bagi mahasiswa yang tidak mampu secara finansial, dan beasiswa hafiz Al Quran agar mempermudah mereka selama menimbah ilmu pengetahuan di kampus UMU Buton.
Beasiswa Bidikmisi yang diberikan kepada mahasiswa/mahasiswi yang dikategorikan sebagai mahasiswa tidak mampu dengan prestasi akademik yang baik agar meringankan beban selama kuliah di kampus sampai menyelesaikan kuliahnya di UMU Buton.
Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) yang akan tujukan kepada mahasiswa/mahasiswi berpretasi di setiap Program Studi tentunya beasiswa ini akan diadakan perengkingan sesuai dengan nilai akademik tertinggi.
Mahasiswa akan diikutsertakan dalam Unit Kegiatan Kampus untuk meningkatkan keterampilan (skill) selama menjalani proses perkuliahan di UMU Buton diantaranya Diklat Teknis Berbahasa Inggris, Diklat Teknis Berwirausaha, dan Diklat Teknis Komputer yang diajari oleh orang-orang professional di bidangnya masing-masing, semua kegiatan Diklat ini akan diberikan Sertifikat sebagai bukti administratif telah mengikuti kegiatan peningkatan kemampuan mahasiswa.

Baca Juga Tim Merketing UMU Buton, Menikmati Keindahan Alam Pasarwajo
Ada banyak kegiatan ekstrakulikuler mahasiswa yang bisa meningkatkan kemampuan kepemimpinan (leadership), kemampuan berorganisasi, public speaking, pengembangan minat dan bakat bidang olahraga, seni, budaya dan lain-lain.
Para pejabat struktural dan dosen UMU Buton sudah mempunyai pengalaman dan pengetahuan yang mumpuni dengan kapasitas Doktor dan Magister di bidangnya, enerjik, masih muda, kreatif dan inovatif.
UMU Buton dibawah binaan Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) yang merupakan organisasi islam terbesar di Indonesia.

Masih banyak keunggulan yang dimiliki oleh UMU Buton sebagai bagian upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, tentunya bagi anda yang penasaran dengan keunggulan tersebut lebih eloknya kuliah di UMU Buton agar merasakan nikmatnya belajar di kampus milenial ini.

UMU BUTON “JAYA”

Editor: Ridwan.

Baca juga UNIVERSITAS MUSLIM BUTON GOES TO SCHOOL (Menjawab Problematika Pendidikan)

Tiga Literasi: Kesiapan untuk Memasuki era Industri 4.0 (bagian 1)

Universitas Muslim Buton Masuk MAN 1 Baubau: Disambut Antusias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *