UMU Buton: Solusi Generasi Milenial untuk Menempa Dirinya Menjadi Pribadi Tangguh

Oleh: Afudin La Aura

Salah satu upaya agar dapat mendekatkan Universitas Muslim Buton (UMU Buton) dengan komponen masyarakat yaitu dengan melakukan kunjungan dan promosi ke sekolah-sekolah. UMU Buton hadir untuk membentuk karakter calon pemimpin bangsa. Salah satu visi besar UMU Buton yaitu “Terwujudnya Universitas yang mampu menciptakan sumber daya manusia yang berakhlakul karimah, berwawasan enterpreneur, dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa” coba di jabarkan secara komprehensif kepada siswa siswi agar menjadi jelas dan terang benderang.

Baca Juga Tiga Ekonom Menang Nobel: Salah Satu Riset Mereka tentang Impres SD di Indonesia

Kamis tanggal 16 Januari 2020, perwakilan Civitas Akademika UMU Buton menyambangi SMKN 3 Baubau dan SMAN 4 Baubau untuk mempromosikan kampus Universitas Muslim Buton dalam upaya perekrutan calon mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. UMU Buton dibawah binaan organisasi Islam terbesar di negeri ini yaitu PBNU dengan anggota kurang lebih 130 juta jiwa separuh penduduk indonesia adalah warga NU, perguruan tinggi PBNU menyebar ke seluruh pelosok nusantara untuk tingkat Universitas sebanyak 38 universitas, belum Universitas binaanya disetiap provinsi disamping itu ada sejumlah Sekolah tinggi, Institut, Politeknik dan Akademik. Pondok pesantren dibawah naungan PBNU ada ribuan di seluruh polosok Nusantara. Universitas Muslim Buton terlahir dalam bingkai binaan PBNU Bapak Prof. Dr. Said Akil Siradj, MA.

Baca Juga Tim Merketing UMU Buton, Menikmati Keindahan Alam Pasarwajo

Dalam promosinya kepada siswa siswi Civitas Akademika menyampaikan beberapa Alasan mengapa harus kuliah di UMU Buton yaitu:

1) Penetapan besarnya nilai SPP dan SPB disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masyarakat dengan tetap merujuk pada aspek kwalitas Alumni nantinya. 2) Biaya pendaftaran dan regitrasi ulang gratis. 3) Lokasi kampus strategis, di jantung kota Baubau jln Betoambari depan SMAN 4 Baubau. 4) Sumberdaya dosen UMU Buton adalah deretan orang-orang kompoten dibidangnya, memiliki kreatifitas dan inovasi yg mengemban amanah Tridharma perguruan tinggi.

UMU Buton juga menawarkan kepada siswa siswi program beasiswa sbb:
1) Bagi mereka yang berprestasi/rangking dari keluarga tidak mampu secara ekonomi disiapkan quota oleh yayasan sebanyak 8 org bebas biaya. 2) Hafidz Qur’an 3 org biaya kuliah ditanggung yayasan sampai menyelesaikan sarjananya. 3) Menyambut Ulang tahun UMU Buton setiap tahunnya menyelenggarakan lomba karya ilmiah, pemenang 1,2,3 dan 4 berhak kuliah di UMU Buton bebas biaya yaitu beasiswa prestasi akademik dari yayasan. 4) Setiap memasuki semester 3 mahasiswa UMU Buton akan dilakukan seleksi penerima beasiswa yg bersumber dari dana pusat KIP kurang lebih 130 mahasiswa.

Baca Juga Universitas Muslim Buton, Kembali Bertemu dengan Siswa SMA Negeri 2 Lakudo

Perwakilan Civitas Akademika UMU Buton juga menyampaikan bahwa, ada beberapa ketrampilan dan keahlian agar dapat memenangi persaingan hidup ditengah-tengah masyarakat, yaitu: 1) Setiap Alumni UMU Buton dibekali dengan keterampilan wirausaha dan bisnis, strateginya adalah semua mahasiswa UMU Buton dari berbagai program studi wajib mengikuti diklat tehnis kewirausahaan yg diselenggarakan oleh “lembaga entrepreneurship center UMU Buton. 2) Setiap masiswa mampu berbahasa inggris, strateginya adalah disamping mahasiswa mendapatakan pembejaran lewat kurikulum yg ada, diberikan secara intensif dalam kursus bahasa inggris secara gratis yg dirancang oleh “lembaga Student English Activity”. Bahasa inggris saat ini sdh menjadi kebutuhan bagi generasi milineal, era ini adalah era global hampi tdk ada lagi batas antar wilayah dan bahasa inggris sdh menjadi bahasa akademik, teknologi dan ekonomi. 3) Setiap mahasiswa UMU Buton di harapkan memiki keterampilan dan keahlian menggunakan IT Komputer, strateginya adalah bahwa di UMU Buton akan diselenggarakan kursus gratis penggunaan IT Komputer, melalui lembaga Teknologi Kreatif UMU Buton. 4) mahasiswa UMU Buton di harapkan menjadi pribadi yang memiliki karakter unggul, semangat pantang menyerah.

Alhamdulillah hadirnya UMU Buton membawa angin segar yang luar biasa bagi siswa siswi SMAN 4 Baubau dan SMKN 3 Baubau. Karena menawarkan konsep baru bagi dunia pendidikan di kota Baubau. Antusiasme siswa di kedua sekolah tersebut dalam menyambut kehadiran Civitas Akademika UMU Buton sangat luar biasa.

Baca Juga Hafis Qur’an, Menjadi Tawaran kepada MAN Wangi-Wangi untuk Kuliah dengan Beasiswa di UMU Buton

UNIVERSITAS MUSLIM BUTON GOES TO SCHOOL

ITB Menyematkan Doktor Honoris Causa untuk Jusuf Kalla: Sebuah Apresiasi yang Menginspirasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *