TUJUH TEMPAT WISATA DI MUNA YANG PALING MENAKJUBKAN

Wisata Muna – Alam Indonesia adalah karunia Tuhan yang patut kita syukuri dan kita jaga kelestariannya. Pesonanya begitu menyejukkan mata dan memberikan rasa bahagia.

Salah satu potret keindahan yang dapat kita kunjungi di Sulawesi Tenggara adalah pesona kepulauan yang juga merupakan nama kabupaten yaitu Muna.

Sebuah pulau yang memiliki keindahan yang tak biasa dan sangat cocok jadi tujuan traveling Anda selanjutnya. Daerah ini disebut-sebut Raja Ampatnya Sulawesi Tenggara.

Ada banyak keindahan mulai dari pantai, alam bawah laut, pesona budaya, pulau-pulau dan warisan kuliner yang dapat Anda temui di tempat ini. Apa saja pesona keindahan pulau Muna, berikut tempat terbaik yang dapat Anda kunjungi selama di Muna.

  1. Keindahan Pantai Meleura
meleura
Pantai Meleura

Salah satu keindahan pantai yang sangat menyejukkan mata adalah keindahan pantai meleura. Pantai ini disebut-sebut sebagai Raja Ampatnya Pulau Muna. Keindahan pantai ini terhampar dengan pulau-pulau karang ditumbuhi pepohonan hijau dan laut yang begitu indah.

Pantai meleura terletak di Desa Lakarinta, Kecamatan Lohia, Kabupaten Muna. Pantai ini berjarak sekitar 18 kilometer dari Ibu Kota Kabupaten Muna yaitu Kota Raha. Pesona menyejukkan mata di pantai ini dijamin akan membuat Anda bahagia.

Beragam fasilitas di pantai ini, mulai dari penginapan, tempat makan dan dermaga untuk menuju spot-spot indah di Meleura. Untuk masuk ke pantai ini harus membayar biaya masuk sebesar Rp10.000, untuk kendaraan roda dua dan Rp20.000, untuk kendaraan roda empat.

  1. Ketenangan Pantai Walengkabola
walengkabola
Pantai Walengkabola

Tempat kedua yang dapat Anda kunjungi adalah Pantai Walengkabola. Pantai berpasir cokelat yang menawarkan panorama yang sangat indah.

Di pantai ini Anda akan melihat perpaduan alam yang sangat mengagumkan. Gradasi air laut berpadu indah dengan bebukitan yang mengelilinginya. Pepohonan nyiur yangmemiliki kemiringan, sangat cocok dijadikan tempat duduk bersantai ataupun mengambil moment di pantai ini.

Baca Juga Catatan dari 30th Session of the MBA-UNESCO (bagian 2)

Pantai ini terletak Jl. Tanjung, Desa Oempu, Kecamatan Tongkuno, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Berjarak sekitar 72 kilometer dari kota Raha dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Keindahan pantai ini dijamin akan memberikan ketenangan yang begitu luar biasa.

  1. Keindahan Danau Ubur-Ubur Lohia Muna
lohia
Danau Ubur-Ubur Lohia

Banyak serpihan surga tersembunyi yang dapat Anda eksplor di Muna. Salah satu tempat tersebut adalah danau ubur-ubur Lohia yang merupakan satu dari tiga tempat yang memiliki ubur-ubur tak menyengat di indonesia.

Perjalanan laut harus Anda lewati untuk mencapai lokasi danau ini. Akan tetapi pemandangan selama perjalanan benar-benar menakjubkan. Anda akan melewati danau Laut Napabale yang dikelilingi tebing karst yang sangat indah.

Perjalanan panjang sangat tidak terasa karena keindahan alamnya yang begitu luar biasa. Setelah mendarat dari kapal tradisional yang Anda tumpangi, Anda diharuskan trekking selama satu jam, karena jalur belum dibuka untuk wisata.

Baca Juga Hutan (Motika) Bungi Longa: Terancam Hilang (Bagian 1)

Keindahan danau yang sangat alami ini membuat Anda tak sabar berenang dengan ubur-ubur yang ada di tempat ini. Danau ini sangat cocok bagi Anda pencita alam yang senang mengeksplor keindahan tersembunyi di bumi pertiwi.

  1. Eksotisme Pantai Pajala
ola
Pantai Pajala

Keindahan selanjutnya adalah pesona pantai pajala. Pantai ini memang belum ramai dikunjungi tapi keindahannya tak kalah cantiknya dengan pantai lainnya yang ada di Muna.

Hamparan pasir putih, birunya laut dan luasnya bibir pantai dengan pepohonan hijau yang mengelilinginya membuat suasana di pantai ini terasa begitu rileks.

Pantai Pajala terletak di Desa Pajala, Kecamatan Maginti, Kabupaten Muna. Dari kota Raha berjarak sekitar 60 kilometer dengan wakktu tempuh sekitar satu jam. Untuk memasuki pantai ini. Anda hanya akan dikenai biaya masuk sebesar Rp5.000.

Keindahan pantai ini sangat layak Anda jadikan sebagai salah satu destinasi wisata Anda di Pulau Muna. Apalagi di pantai ini anda juga dapat berwisata kuliner khas Tiworo yang sangat unik, enak dan mengenyangkan.

Pesona pantai pajala benar-benar menyejukkan mata Anda dan amat sayang untuk dilewatkan.

  1. Bersantai di Pantai Motonuno
motonono
Pantai Motonuno

Muna sangat memiliki pesona bahari yng sangat menakjubkan dan menyejukkan mata. Makanya di kabupaten ini sangat banyak pantai-pantai yang sangat indah, salah satu adalah pantai motonuno.

Pantai motonuno tak jauh lokasinya dari danau Lohia. Di pantai ini anda akan merasakan suasana pantai yang amat sepi dengan keindahan alam yang begitu menakjubkan dan memanjakan mata.

Baca Juga Padat Karya Desa Wungka: Meningkatkan Daya Beli Masyarakat

Alamnya yang indah dan mengagumkan membuat anda tak bosan untuk memandanginya. Apabila dipantai ini terdapat gua alami yang sangat luas dan indah. Berada dalam gua ini memberikan pengalaman yang sangat berharga bagi anda.

  1. Pesona pantai napabale
Napabale
Pantai Napabale

Pantai lainnya yang tak kalah pesona adalah pantai Napabale yang juga memiliki pesona danau laut Napabale. Dipantai ini anda akan melihat betapa indahnya air laut yang begitu bening dan dangkal.

Pemandangan indah bongkahan batu karang yang ditumbuhi pepohonan hijau berpadu dengan gradasi air laut yang ada di tempat ini. Uniknya di pantai ini terdapat terowongan alami batu karang yang cukup panjang. Sebuah hal yang sangat unik dan indah yang sulit ditemui di tempat lainnya.

Di tempat ini aktifitas yang paling mengasikkan adalah mengelilingi danau dengan perahu tradisional yang disewakan masyarakat. Keindahan danau dan pantai Napabale yang terletak di sebelah danau Lohia, ini adalah keajaiban alam yang sayang anda lewatkan di muna.

  1. Merasakan kesejukkan permandian moko
cc
Permandian Moko

Bagi anda yang ingin merasakan permandian alami yang sangat indah, maka permandian alami Moko dapat anda pilih. Keindahan permandian ini begitu memberikan suasana rileks dan membahagiakan bagi anda.

Permandian Moko terletak di desa Oempu, kecamatan tongkuno, Kabupaten Muna. Berjarak sekitar 66 kilometer dari pusat kota Raha. Walau terbilang jauh, rasanya permandian yang dijuluki permandian bidadari ini sangat sayang untuk dilewatkan jika ke Raha.

Nah guys, itulah tujuh pesona alam yang sangat menakjubkan di Kabupaten Muna. Keindahan daerah kepulauan ini sangat layak untuk di jadikan destinasi liburan anda. Sebuah potret keindahan alam yang harus kita jaga keindahannya (nj009).

Penulis : Nur Juni

Editor: Marlin

Baca Juga

  Produk Wisata Lanskap Sombu Daragunti: Dibangun dengan Model Padat Karya

Inovasi desa Wisata dan Pengembangan Sultra Menjadi Bali Alternatif

Keunikan Pantai Moli’i Sahatu ( Pantai 100 mata air tawar)

Pantai Yoro Binongko

6 thoughts on “TUJUH TEMPAT WISATA DI MUNA YANG PALING MENAKJUBKAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *