Tujuh Obat Tradisional Asam Urat: Potensi Pengembangan Apotik hidup di setiap desa wisata

Salah satu masalah kesehatan global, khususnya di negara-negara berkembang, menderita asam urat yang dapat memicu berbagai penyakit. Tidak enak bagi mereka yang pernah mengalami penyakit asam urat. Kalau melihat potensi obat tradisional yang ada di dalam masyarakat Indonesia, banyak ditemukan kearifan lokal yang berhubungan dengan penyakit asam urat. Tentunya ini sangat penting, untuk perhatikan, karena obat tradisional dapat menjadi kekuatan Indonesia, khususnya desa-desa yang dapat membangun apotik hidup yang berbasis tanaman lokal yang tentunya menjadi kekuatan ekonomi desa.

Secara sains, Asam urat merupakan penyakit akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan seperti hati, ampela, paru, usus, kepiting, kerang, udang, cumi dan daging merah. Purin adalah senyawa dalam DNA yang dapat dimetabolisasi menjadi asam urat. Asam urat menumpuk di persendian dan menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Beberapa solusi alami dapat membantu. Namun, jika rasa sakit terus berlanjut, hubungi dokter sebelum mencoba salah satu solusi di bawah ini[1].

Ada beberapa kearifan lokal masyarakat Nusantara yang melakukan pengobatan asam urat. Beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati asam urat menurut health.detik.com mengatakan bahwa asam urat dapat diobati dengan beberapa tanaman lokal yang dapat digunakan sebagai obat tradisional asam urat. Beberapa obat tradisional itu adalah sebagai berikut.

  1. Ceri

Buah ceri asam, manis, merah, hitam, dalam bentuk ekstrak, sebagai jus, atau mentah – adalah obat asam urat alami yang sangat populer dan berpotensi berhasil.

  1. Jahe

Jahe dapat membantu mengobati asam urat. Konsumsi jahe dengan air mendidih dan sediakan 2 sendok teh jahe selama 10 menit. Nikmati 3 gelas per hari. Jahe juga dapat ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit. Kompres atau tempel jahe dengan air hangat dan rendam waslap. Saat dingin, oleskan waslap ke bagian tubuh yang mengalami rasa sakit. Tempelkan setidaknya sekali sehari selama 15 hingga 30 menit. Jika terjadi iritasi kulit lakukan tes terlebih dahulu.

  1. Cuka Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Air hangat dengan cuka sari apel, jus lemon, dan kunyit sering direkomendasikan untuk mengatasi asam urat. Campurkan jus lemon dengan 2 sendok teh kunyit, dan 1 sendok teh cuka sari apel. Minum dua hingga tiga kali sehari.

  1. Seledri 

Seledri merupakan makanan yang secara tradisional digunakan untuk mengobati masalah kemih. Untuk asam urat, jus dan biji seledri telah menjadi obat asam urat alami populer.

  1. Teh Jelatang

Tumbuhan jelatang merupakan obat alami untuk asam urat yang dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit. Tumbuhan ini dapat menyebabkan gatal jika tersentuh kulit dan ditemukan di sebuah kecamatan di kabupaten Bengkulu Selatan.

Untuk mencoba teh ini, buat secangkir dengan air mendidih. Rebus 1 hingga 2 sendok teh jelatang kering per cangkir air. Minumlah hingga 3 gelas per hari.

  1. Garam Epsom

Beberapa orang merekomendasikan mandi garam Eepsom untuk mengatasi asam urat. Untuk mencoba garam Epsom, campur 1 hingga 2 cangkir dalam bak mandi. Rendam seluruh tubuh atau hanya sendi tertentu.

7. Palohi wasu atau benalu batu

Benalu batu merupakan salah satu jenis tamanan langka yang ada di morowali Sulawesi Tengah. Obat ini dapat ditemukan di beberapa wesite yang ada[2].

8. Buah Kersen

Buah kersen juga dikenal sebagai makanan anak anak di halaman rumah, tetapi tanaman ini dapat meringankan asam urat. Sebagian masyarakat telah mengenal buah ini sebagai obat asam urat.

Daun Kau Banjara: Obat Tradisional yang tidak Banyak Dikenal Orang

Dari beberapa bahan itu, dapat dikembangkan sebagai salah satu obat tradisional yang dikelola di setiap desa. Masyarakat kembali ke obat tradisional.

Dari informasi di atas, maka desa-desa wisata, dapat melakukan inovasi produk desa wisata mereka, yaitu apotik hidup yang dapat meningkatkan kesehatan dan juga aspek kesejahteraan masyarakatnya (su001).

[1] https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4367957/6-obat-asam-urat-alami-paling-ampuh

[2] http://benalubatusuper.blogspot.com/2014/12/benalu-batu-asli-super-pulohi-wasu.html

Budidaya Pegagan: Membangun Apotik Hidup Berbasis Desa

3 thoughts on “Tujuh Obat Tradisional Asam Urat: Potensi Pengembangan Apotik hidup di setiap desa wisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *