Tiga Program UMU Buton: Menjadi Aspek Penting Mengapa Harus Kuliah Di UMU?

Oleh: Ibrahim Marsela

Untuk mensosialisasikan program Universitas Muslim Buton (UMU Buton) tim marketing UMU, menyambangi SMA Negeri 6 Wangi-Wangi. SMAN 6 Wangi-Wangi berada di pulau Kapota dengan jarak dari ibu kota kabupaten Wakatobi Wanci sekitar 7 mil laut. Di SMA ini siswa kelas 12 sebanyak 105 siswa. Siswa SMA ini dengan serius mendengarkan pokok-pokok materi yang dipaparkan tim marketing UMU Buton yang ditugasi di wilayah Wakatobi. Pertemuan sangat hidup dan komunikatif antartim dan siswa terjadi komunikasi dua arah, mereka sangat antusias menyambut kehadiran UMU Buton pegawai, guru dan siswa SMA ini.

Baca Juga Universitas Muslim Buton, Kembali Bertemu dengan Siswa SMA Negeri 2 Lakudo

Topik yang menarik di bahas dalam forum kali ini adalah apa yang menjadi pembeda UMU Buton dengan perguruan tinggi lainnya di kawasan KEPTON:
(1) UMU adalah Satu-satunya perguruan tinggi yang menyediakan paket program beasiswa yang dibiayai langsung oleh yayasan terdiri dari Beasiswa anak berprestasi dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, hafidz Qur’an dan beasiswa prestasi melalui lomba karya ilmiah menyambut hari jadi UMU Buton tanggal 20 mei 2020.

D samping itu, program yang bersumber dari yayasan tersebut, juga tersedia beasiswa dari pemerintah pusat yang dialokasikan pada semester 3 yaitu KIP dengan target 130 Mahasiswa untuk UMU Buton.

2) Pembeda lain yang banyak menarik perhatian siswa adalah stategi 3+1 bagi setiap mahasiswa dan alumni UMU Buton; bahwa di UMU Buton sejak tahun pertama telah menggagas dengan serius dan mencanangkan paket program keahlian dan keterampilan kewirausahaan, kemampuan bahasa inggris, dan kemampuan ICT Computer bagi seluruh mahasiswa dan alumni.

Baca Juga Masuk SMAN 3 Wangi-Wangi: Universitas Muslim Buton Menawarkan Beberapa Beasiswa

3) keterampilan dan keahlian ini merupakan pendamping ijazah program sarjana dalam rangka memenangi kehidupan di masyarakat, kelak mereka kembali ke masyarakat. Untuk mewujudkan strategi program 3+1 tersebut di UMU Buton telah dibentuk sebuah lembaga “Indonesia Buton Institute” disingkat IBI UMU Buton yang di pimpin oleh seorang Direktur dan dibantu seorang sekretaris, kepala lembaga entrepreneur center dan bisnis, kepala lembaga student english activity, kepala lembaga Tecnologi creativ center, kepala lembaga inovasi dan ekonomi kreatif.

Kenapa UMU Buton mencanangkan strategi pembelajaran kewirausahaan sejak awal dan mendorong kampus pencetak wirausaha muda, adalah berangkat dari catatan sejarah yang panjang keterpurukan ekonomi Indonesia. Indonesia adalah negara yang memiliki sumber daya alam yang besar, namun belum mampu bangkit dari keterpurukan ekonomi, ternyata salah satu penyebab paling dominan adalah wirausaha indonesia saat ini baru mencapai angka 0,18 % dari total penduduk Indonesia, untuk bangkit dari keterpurukan maka wirausaha Indonesia harus menembus angka 2%. Negara tetangga kita singapur dan malasiyah 7% wirausahanya dari total penduduknya, Jepang mencapai 17% dan amerika 20% wirausaha dari total penduduknya, setiap 30 detik lahir seorang pengusaha dari amerika. Itulah yang melatarbelakangi UMU menjadi kampus pencetak pengusaha di kawasan regional KTI dan khususnya wilayah KEPTON.

Baca Juga ITB Menyematkan Doktor Honoris Causa untuk Jusuf Kalla: Sebuah Apresiasi yang Menginspirasi
UMU ingin melahirkan tenaga sarjana yang mampu menciptakan peluang bisnis dilingkungannya sehingga mampu menciptakan lapangan kerja bukan sebagai buruh di perusahaan orang lain.
Mengapa UMU harus mencanangkan bahwa setiap insan sivitas akademika harus mampu berbahasa Inggris terutama mahasiswa dan alumni, bahwa saat ini tidak ada lagi skat/batas antar wilayah era ini adalah era global maka bahasa inggris memiliki peran strategis sebagai bahasa ekonomi, bahasa akademis, bahasa teknologi, bahasa pergaulan dan lain-lain sebagainya.
Mengapa di UMU di samping itu, mahasiswa dituntut memiliki kompotensi program studinya, juga diharapkan mampu memiliki keterampilan dalam mengoperasikan IT Computer, karena pada abad ini siapa yang menguasai teknologi komputer maka dengan mudah memperoleh pekerjaan semua lembaga/institusi membutuhkan keahlian IT Komputer. Sehingga sangat penting UMU Buton ingin mengembangkan kampus yang berbasis IT.
Alasan lain mengapa harus kuliah di UMU Buton, karena setiap mahasiswa selama kuliah akan mengalami proses penempaan dalam rangka pembentukan pribadi unggul/karakter unggul sehingga memiliki semangat juang yg tinggi dan pantang menyerah kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda.

Editor: Sumiman Udu

Baca Juga Mengenal Manfaat Daun Sirsak: Obat Alternatif untuk Warga Desa

Universitas Muslim Buton: Menyambangi SMA N 6 Baubau

Intrik Kuasa: Memicu Seteru, Memacu Konflik Wuna–Buton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *