Taman Akademik dan Inovasi: UMU Buton, Semua Bisa Membangun Harapan

Sebagai salah satu universitas yang baru saja tumbuh di kepulauan Buton Provinsi Sulawesi Tenggara. Universitas Muslim Buton menawarkan konsep taman akademik dan taman inovasi. Konsep ini merupakan kolaborasi antara upaya mencerdaskan berbagai kecerdasan akademik yang akan didapatkan oleh seluruh civitas akademika, dan juga taman inovasi di mana seluruh civitas akademika diberi kesempatan untuk membangun harapan-harapan mereka. Di taman akademik dan taman inovasi Universitas Muslim Buton inilah semua civitas akademika dan komunitas-komunitas masyarakat yang sudah bergabung dalam taman Universitas Muslim Buton akan membangun harapan sesuai dengan kompetensi SDM dan potensi sumber daya alamnya.

Di dalam taman Universitas Muslim Buton, semua pihak adalah para pelaku yang bisa membangun harapan-harapan dan perencanaan perencanaan bagi dirinya. Taman ini akan memberikan ruang untuk berseminya semua harapan dan mimpi-mimpi.

Melalui konsep kolaborasi akan terbangun kekuatan yang berbasis modal budaya, modal sosial, serta terwujudnya kepercayaan dari masyarakat yang oleh Pierre Bourdieu menyebutnya dengan modal simbolik. Dimana Modal simbolik merupakan salah satu modal yang terbangun sebagai wujud dari kepercayaan pada seseorang atau sebuah lembaga. Modal ini banyak dibangun oleh modal budaya dan modal sosial, di mana buahnya adalah kepercayaan dan atau integritas menjadi kunci dari perwujudan dari modal simbolik ini.

Beberapa modal inilah yang akan dibangun dan menjadi karakter serta mindset seluruh civitas akademika. Kita harus mampu memahami visi dan misi yang ada di dalam taman akademik ini. Semua harus memahami bahwa kolaborasi merupakan aspek penting yang harus dibina dan dibangun di dalam nilai-nilai budaya yang oleh Bourdieu disebut modal budaya, kolaborasi merupakan aspek penting dimana semua orang harus menjadi satu kesatuan. Kepedulian harus ditumbuhkan dalam jiwa setiap akademika, serta perjuangan bersama dan harapan bersama harus menjadi karakter atau visi misi dari setiap civitas akademika.

Sebagai taman akademik, universitas Muslim Buton akan membangun sinergisitas dengan universitas universitas lain di kawasan, sehingga pembangunan sumber daya manusia di kepulauan Buton dan Indonesia pada umumnya dapat diwujudkan di masa yang akan datang untuk menciptakan sumber daya manusia yang bukan hanya mengandalkan ijazah, tetapi SDM yang memiliki skill dan kemampuan inovasi untuk mendukung harapan harapannya. UMU Buton, akan hadir sebagai energi katalis untuk mewujudkan semua mimpi mimpi itu secara akademik.

Melalui pembangunan komunitas universitas Muslim Buton di desa desa binaan yang tersebar di berbagai desa dan kabupaten yang ada di kepulauan Buton dan Sulawesi tenggara, kita bisa berharap bahwa sebagai taman akademik dan taman inovasi universitas Muslim Buton bukan hanya melahirkan sarjana-sarjana yang memiliki kemampuan akademik yang unggul dan mumpuni, tapi juga sarjana-sarjana yang memiliki skill dan kemampuan inovasi yang tangguh.

Di era industri 4,0 atau bahkan di era industri 50, taman akademik Universitas Muslim Buton akan memberikan pelatihan berupa kursus bahasa Inggris, kursus teknologi informasi, dan juga berbagai jenis kursus ke perusahaan yang didukung oleh industri yang telah bekerjasama dengan Universitas Muslim Buton.

Mari bergabung dalam taman Universitas Muslim Buton, yang saat ini Anda bisa memilih untuk bergabung pada komunitas universitas Muslim Buton, atau Anda bergabung dalam desa bina desa desa binaannya, ataukah Anda bergabung pada pusat-pusat studinya, atau mungkin juga anda bergabung sebagai dosen atau mahasiswanya. Universitas Muslim Buton akan membuka diri, memberikan kesempatan kepada siapa pun untuk mengembangkan diri di taman ini. Anda juga yang telah memilih menjadi wiraswasta, sebagai petani, nelayan, pedagang dan berbagai profesi lainnya Anda bisa bergabung dengan taman Universitas Muslim Buton sebagai bagian yang tidak terpisahkan untuk membangun harapan dan gagasan-gagasan, menciptakan sumber daya manusia Buton dan Indonesia pada umumnya dengan karakter yang unggul dan memiliki inovasi dan integritas yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *