Sandaha, Dusun Yang Dimenangkan Tembakan

Seri 2: Dunia Desa Wakatobi

Oleh: Saleh Hanan

Mungkin Dusun Sandaha satu-satunya di dunia, pemilik kisah penentuan batas wilayah melalui akurasi tembakan bedil.
Biasanya adu tembakan kita lihat pada film koboy, menceritakan cara orang Eropa dan Amerika memutus sengketa bisnis, politik, wanita, pada dua – tiga abad lalu.
Akan tetapi adu tembakan yang pernah terjadi di Sandaha, bukan duel manusia. Di sini pemegang bedil menembak pohon di kejauhan untuk menentukan pemenang.
Aturannya, jika pohon yang ditunjuk kena peluru, berarti dari tempat penembak berdiri sampai pohon itu, wilayah kampung bawah. Kampung di arah matahari tenggelam.
Sebaliknya, jika peluru meleset, maka dari titik tempat bedil ditembakkan, masuk kampung atas, kampung arah matahari terbit.
Ketika itu tembakan persis mengenai pohon. Sejak itu pemukiman yang terpencar di kebun masing-masing, berangsur berkumpul, berjejer, mengikuti tepi jalan raya.
Tempat sepanjang lintasan peluru itu kini disebut Dusun Sandaha, Desa Posalu, kompleks situs keramat alami Puncak Tindoi, Pulau Wangi-Wangi, Wakatobi.
Dusun pemilik para pemuda ahli bangunan, berpengalaman kelas Malaysia dan Singapura. Dusun pemilik kisah cinta romantis, yang abadi dalam lagu Gadis Sandaha.

Yang memenangkan tembakan.

#CeritakanWakatobi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *