Sambangi SMA Negeri 3 Binongko: UMU Buton Tawarkan Beasiswa

Binongko merupakan salah satu pulau yang menjadi target UMU Buton untuk Sosialisasi mengenai Beasiswa. Selama ini kebanyakan masyarakat Binongko kuliah di Baubau, Makassar, Kendari dan sebagiannya kuliah di Pulau Jawa.

Tahun ini pulau Binongko mendapatkan tamu dari Universitas Muslim Buton. Mereka menawarkan beasiswa kepada anak anak Binongko. “UMU Buton hadir untuk membantu anak anak Binongko melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan tinggi. Dan UMU Buton memberikan beasiswa kepada siswa siswi yang berprestasi”, kata Ibrahim Marsela.

Sebagai wilayah yang paling ujung yang dihuni oleh masyarakat, pulau Binongko hanya dapat dikembangkan melalui investasi sumber daya manusia. Kondisi tanahnya yang tandus, karena sebagian besar pulau ini adalah batu bertanah tanah, maka membutuhkan keuletan dan ketabahan untuk bisa bertahan hidup di Binongko.

Untuk itu, pengembangan Sumber Daya Manusia merupakan titik strategis untuk masyarakat Binongko bisa maju. Dan ini tentunya harus didukung oleh pemerintah daerah, baik melalui dana desa, maupun berbagai beasiswa dari kabupaten dan pusat.

Kuliah di Universitas Muslim Buton, akan memberikan kesempatan kepada generasi muda Binongko untuk menimba ilmu pengetahuan sekaligus belajar tentang kehidupan. Karena UMU Buton akan memberikan ruang bagi anak anak muda untuk berkembang, bukan hanya setelah mereka selesai kuliah, tetapi akan digali potensi dirinya untuk berkembang.

Universitas Muslim Buton akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bisa menggagas masa depannya, sejak awal semester. Sehingga mereka bisa merencanakan masa depan mereka sejak semester awal. Setelah mereka merencanakan bakat mereka untuk berwirausaha, mereka akan dilatih dan didampingi untuk berusaha.

Baca Jugaย UMU Buton Melaunching Beasiswa dan Penerimaan Mahasiswa Baru di Wakatobi

Di sana ada beberapa kompetensi tambahan yang akan menunjang kewirausahaan mahasiswa. Dan mahasiswa bisa merencanakan bisnis mereka sejak awal, kampus akan mendukung melalui berbagai bentuk intervensi, sehingga mahasiswa dapat berwirausaha sejak awal.

Dengan menawarkan beasiswa, UMU Buton akan memberikan kesempatan kepada seluruh generasi Binongko untuk kuliah dan berwirausaha. Sebagai Universitas baru di Jazirah Sulawesi Tenggara, UMU Buton menawarkan banyak hal kepada generasi muda untuk bisa berkembang bersama.

Selain itu, UMU Buton juga berharap akan menjalin kerja sama dengan pemerintah dan masyarakat pulau Binongko untuk bisa membangun MoU dalam Pendampingan Desa Binaan. Melalui desa Binaan, mahasiswa UMU Buton bisa lebih akrab dan melakukan program pembangunan desa yang lebih dalam dan mahasiswa bisa melakukan kuliah di desa desa binaannya.

Baca Jugaย UMU Buton Launching Beasiswa: Gandeng Maestro Bhati-Bhanti Wakatobi La Ode Kamaludin

Program desa binaan UMU Buton, tentunya akan sejalan dengan sistem kuliah yang sementara diterapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui program Kampus Merdeka. Desa Binaan bisa menjadi ruang kuliah sekaligus ruang praktek kewirausahaan bagi mahasiswa.

Beberapa tempat wisata di Pulau Binongko, diharapkan dapat dijadikan sebagai ruang ruang praktek mahasiswa UMU di masa yang akan datang. Selain wisata, Binongko juga memiliki modal budaya, yaitu kerajinan parang Binongko. Ini dapat dikembangkan bersama sama, sebagai upaya untuk membangun inovasi dalam kerajinan ini.

Selain itu, perikanan diharapkan dapat menjadi aspek penting untuk digarap, sebagai ruang pengembangan desa desa binaan UMU Buton.

Di darat, masyarakat Binongko sudah sangat akrab dengan kelor. Sehingga ini bisa menjadi salah satu unggulan yang bisa dikembangkan. Dengan modal budaya ini, mahasiswa Binongko dapat bekerja dalam upaya pengembangan kelor bersama UMU Buton.

Baca Jugaย Rusiana Kalambe Binongko: Lagu Wakatobi yang Menggoyangkan Jakarta

Sambangi SMA Negeri 3 Binongko: UMU Buton Tawarkan Beasiswa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *