Praktek Lapangan di Hutan Tirta Rimba, Mahasiswa UMU Dekat dengan Alam

Oleh: La Ode Kaharudin

Mahasiswa Universitas Muslim Buton mengadakan praktikum lapangan di hutan lindung Tirta Rimba, Minggu (26/01/20). Praktikum lapangan ini turut di hadiri, Ridwan, M. Sc dan Veni Rosnawati, M.Pd sebagai tenaga pengajar pada Program Studi Pendidikan Biologi, serta di hadiri Brigpol Rabodding, SH selaku Bhayangkara Pembina Ketertiban dan Keamanan Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Kelurahan Kadolo dan Kadolomoko, Kota Baubau.

Mahasiswa diharapkaan mengenal ekosistem di kawasan hutan lindung Tirta Rimba, komponen penyusun biotik dan abiotik, serta hubungan timbal balik dan komponen tersebut , menggunakan plot berbagai ukuran yaitu: 20 x 20 cm, 10 x 10 cm dan 5 x 5 cm, ujar Ridwan.

Kami turut senang, mahasiswa UMU Buton, masih peduli dengan kawasan hutan lindung Tirta Rimba, hal ini di wujudkan dengan membersihkan dan memisahkan sampah plastik dan bukan plastik. Kegiatan ini, penting dan harus terus dilakukan oleh mahasiswa, Rabodding, jelasnya.

Area hutan lindung Tirta Rimba ini menawarkan air terjun yang elok, sehingga banyak pengunjung menjadi pilihan berwisata. Jarak tempuh untuk menuju air terjun Tirta Rimba sekitar 20 menit dari kota Baubau menggunakan roda dua dan roda empat.

Praktek lapangan ini merupakan ajang untuk mengenal lebih banyak tentang lapangan. Banyak hal yang dapat dipelajari oleh mahasiswa ketika masuk lapangan seperti ini. Mereka dapat berbagai jenis tanaman yang ada di hutan, berbagai jenis hewan yang ada di ekosistem hutan.

Sebelum memasuki hutan Lambusango, Mahasiswa UMU juga harus mengenal beberapa hutan yang ada di pulau Buton. Untuk menjadi bekal mereka telah melakukan penelitian dan pembelajaran. Hutan Tirta Rimba yang ada di wilayah kota Baubau, Eva kentrung kuliah praktek yang bagus karena dekat dengan Universitas Muslim Buton.

Salah satu fungsi dari praktek lapangan ini adalah mahasiswa memiliki rasa cinta dan tanggung jawab untuk pembangunan hutan berkelanjutan. Ini sangat penting, apalagi mahasiswa pendidikan biologi yang kelak akan memperkenalkan hutan kepada anak didik ketika sudah menjadi guru. Mereka akan mengajarkan kepada siswa bagaimana mencintai alam dan lingkungan.

Kalau selama ini Hutan Lambusango banyak dipenuhi oleh mahasiswa dari Inggris, maka sejak saat ini Universitas Muslim Buton akan memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari ekosistem hutan yang ada, termasuk hutan Lambusango dan hutan Tirta Rimba. Ini dimaksudkan untuk meningkatkan mahasiswa dengan alam, sehingga kelak mereka adalah agen pembangunan berkelanjutan.

Editor: su001

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *