Peringatan HUT RI Ke 73 di Wakatobi, Sultra

Wakatobi dikenal dengan keindahan bawah lautnya yang mimiliki beranekaragam jenis terumbu karang dan ikan-ikan yang menghiasi lautan wakatobi. Dalam perayaan HUT RI yang ke 73 kembali diadakan Peringatan hari ulang tahun Indonsia di lautan Wakatobi  yang berlokasi di Pantai Cemara, Wakatobi yg kedua kalinya yang diadakan dilokasi Pantai Cemara dengan mengibarkan satu bendera merah putih pada kedalaman 8 meter di bawah laut.

Penyelam yang ikut serta dalam perayaan itu berjumalah 73 orang yang sesuai dengan umur Indonesia pada hari ini. Kegiatan ini merupakan salah satu kebanggaan Wakatobi sebagai salah satu dari 10 Destinasi Unggulan pariwisata di Indonesia dan dengam adanya kegiatan ini di harapkan dapat menarik minat wisatawan untuk datang di Wakatobi dan dengan adanya kegiatan ini menjadi kebanggan Indonesia.

Baca Juga Lanskap Daragundi: Potensi Wisata Alam Po’okambua

Namun, disisi lainnya berbagai atraksi yang dilakukan di Wakatobi juga harus dikemas dalam sebuah konsep wisata yang melibatkan masyarakat lokal, karena tanpa adanya partisipasi masyarakat lokal dan berdampak pada ekonomi kreatif yang dapat mendorong kesejahteraan masyarakat, pariwisata hanya akan tampil sebagai sebuah seremoni yang membosankan, dan bahkan cenderung hanya untuk pemborosan daerah, sehingga sebuah ivent daerah seperti pengibaran bendera bawah laut seperti ini harus jelas targetnya, sehingga pada akhirnya berkontribusi pada promosi dan peningkatakan keterlibatan dan kesejahteraan masyarakat di daerah wisata.

Baca Juga Festival Benteng Tindoi Maleko: Mendorong Pariwisata Desa dalam Merawat Alam

Harapan Saya semoga kegiata seperti ini tetap di lakukan setiap tahunnya agar dijadikan sebagai budaya wakatobi dalam perayaan HUT Indonesia untuk selajutnya dan ke depan dan semoga di daerah lain yang mempunyai keindahan bawah lautnya agar marilah kita lestarikan budaya ini sehingga bukan hanya di Wakatobi tetapi untuk seluruh Indonesia Seperti Bunaken yang dikenal dengan keindahan bawah lautnya dan daerah yang lainnya di Indonesia (Arj006)

Selamat HUT RI Yang ke 73
Penulis: Arjun

Baca Juga Pelatihan Ekonomi Kreatif: Menciptakan Lapangan Kerja

Poco-poco di Wungka Toliamba: Pemicu Tumbuhnya Ekonimi Kreatif

Taman Batu Togo Binongko Wakatobi

Kepemimpinan Tradisional Vs Demokrasi Setengah Hati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *