Pengembangan wisata Pantai Yoro

Binongko – Melihat potensi dari Pantai Yoro yang berada di Desa Kadhia Wali, Kecamatan Togo Binongko, Wakatobi mempunyai potensi yang luar biasa dan lokasi yang sangat strategis untuk  dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata  yang ada di Pulau Binongko. Dalam pengembangannya perlu melakukan beberapa pendekatan, yaitu (1) Peningkatan Daya Saing, (2) Pelibatan Masyarakat, (3) Konservasi  Lingkungan dan (4) Peningkatan Perekonomian local.

Terdapat beberapa permasalahan strategis yang ditemukan khususnya dalam pengembangan wisata Pantai Yoro, yaitu (1) keterbatasan sarana transportasi darat maupun tranportasi antar pulau, (2) pembanguan jalan menuju objek tersebut masih kurang bagus bahkan tidak memungkinkan untuk dilalui, dan (3) listrik yang masih kurang stabil.

Sesuai dengan pendekatan di atas, maka konsep pengembangan wisata Pantai Yoro dapat diarahkan pada beberapa konsep pengembangan, yaitu (1) Konsep Peningkatan Daya Saing Produk dan Pelayanan, (2) Konsep Penyelarasan Pembangunan pariwisata dengan Konservasi Lingkungan Alam dan Budaya, dan (3) Konsep Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat.

yoroBeberapa  konsep terebut dijabarkan menjadis tujuh trategi pengembangan yaitu (1) Mendorong   keterlibatan   masyarakat   lokal   dalam   pengembangan   dan pengelolaan objek wisata tersebut, (2) Mengembangkan  sistem  pengelolaan daya  tarik  wisata, (3) Mengembangkan   produk   wisata   yang   berkontribusi   pada   konservasi lingkungan alam dan budaya, (4) Mengembangkan   fasilitas   pariwisata   yang   berdampak   rendah   terhadap lingkungan, hemat penggunaan SDA, dengan menggunakan teknologi tepat guna, (5) Mengembangkan sarana, prasarana serta fasilitas pariwisata dan penunjang pariwisata sesuai dengan target pasar, (6) Mengembangkan sistem informasi pariwisata, dan (7) Mengembangan sistem pemasaran yang inovatif sesuai target pasar.

Tentunya sesuai dengan klaster yang telah dilakukan oleh pemerintah kabupaten Wakatobi, pengembangan pantai Yoro juga harus dilakukan bersama pengembangan pariwisata di desa Lagongga, Jaya Makmur dan Kelurahan Wali. Ini akan memberikan  satu  paket wisata yang lebih  beragam, karena ada benteng Wali, Benteng Koncu, serta keunikan masyarakat  Cia-cia  yang ada di tiga desa ini. Sementara di arah selatan, kelurahan Wali juga berbatasan dengan desa Hakka, yang juya mempunyai pantai   Bhela’a yang tentunya memiliki  hubungan histori dengan peristiwa sejarah masa lalu yang menarik. Sejarah kekuasaan Kapitan Waloindi dalam melakukan  penegakan  nilai-nilai keadilan dan kebenaran di pulau Binongko.

Masyarakat Binongko  berharap, bahwa ke depan pantai Yoro dapat menjadi salah satu alternative pengembangan wisata yang dapat membuat masyarakat Binongko dapat berlibur di sini. Sementara pemerintah daerah dapat memberikan kontrubusi bukan hanya membangun beberapa tempat duduk, tetapi juga membangun jaringan promosi dan pasarnya, sehingga masyarakat kluster wisata di timur Binongko ini dapat merasakan manfaat ekonomi dan kesejahteraan  dari pengembangan wisata Pantai Yoro  ini.

Penulis: Arjun
Editor : Sumiman Udu

2 thoughts on “Pengembangan wisata Pantai Yoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *