Masuk SMAN 3 Wangi-Wangi: Universitas Muslim Buton Menawarkan Beberapa Beasiswa

Oleh: La Ode Kaharuddin

Universitas Muslim Buton sebagai salah satu universitas di Jazirah Sulawesi Tenggara tentunya harus lebih gencar mempromosikan dirinya. Mengingat, Universitas ini belum banyak di kenal oleh khayak. Untuk itu, mereka mengunjungi beberapa sekolah hingga sampai ke Pulau Kapota Wakatobi. Di Pulau Kapota, mereka mengunjungi SMAN 3 Wangi-Wangi Selatan untuk mensosialisasikan beberapa program studi yang dapat dituju oleh siswa kelas III.

Hadir dalam kesempatan itu, Drs. H. Ibrahim Marsela, MM selaku ketua Yayasan Pendidikan Indonesia Kepulauan Buton (YAPIK-Buton) dan La Ode Kaharudin, S. Pd., M.Pd selaku tenaga pengajar di Universitas Muslim Buton (14/01/2020). Dalam perteman itu, dihadiri oleh  79 peserta didik, dan juga beberapa guru termasuk kepala sekolah.

Baca Juga Universitas Muslim Buton, Kembali Bertemu dengan Siswa SMA Negeri 2 Lakudo

Dalam sosialisasinya, tim Universitas Muslim Buton, memperkenalkan kepada siswa bahwa Universitas Muslim Buton berada di pusat Kota Bau-bau jalan Betoambari No.146. Saat ini membuka Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, terdiri dari program studi: Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Geografi, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan Fakultas Pertanian dan Peternakan dengan yakni Program Studi: Agroteknologi, Agribisnis dan dan Peternakan.

Selain memperkenalkan program studi yang ada di Universitas Muslim Buton, tim juga memperkenalkan program beasiswa yang disediakan oleh Universitas Muslim Buton terutama bagi siswa-siswa yang berprestasi. Universitas Muslim Buton juga menyediakan beasiswa melalui jalur beasiswa Bidikmisi yang terintegrasi dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP), beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Beasiswa Yayasan. Khusus untuk beasiswa Yayasan, Universitas Muslim Buton menyediakan beasiswa untuk siswa yang hafist Quran. Ini merupakan salah satu apresiasi Universitas Muslim Buton kepada mereka yang merawat Kalam Ilahi dalam pikiran mereka. Mereka adalah orang-0rang hebat, karena mereka memiliki kompetensi luar biasa secara lingusitik. Mereka yang hafal Quran, artinya mereka yang memiliki kompetensi linguistik yang hampir 60.000 kata. “Ini penting kita apresiasi” kata Ibrahim Marsella.

Universitas ini memiliki kelebihan dikenal  3 plus 1 yaitu selain mendapatkan Ijasah, transkrip nilai, mahasiswa akan dibekali pendidikan dan pelatihan untuk mendapatkan 3 sertifikat yang akan pembeda dengan universitas lain yaitu setiap mahasiswa akan memiliki sertifikat kewirausahaan, sertifikat komputer, dan sertifikat bahasa Inggris. Di samping itu, mahasiswa juga dilatih tentang ilmu marketing dan public relation sebagai modal mereka ketika mereka sudah selesai menempuh pendidikan dan mereka akan lebih siap untuk terjun ke masyarakat.

Baca Juga Universitas Muslim Buton: Menyambangi SMA N 6 Baubau

Pihak universitas akan mendesain sedemikian rupa, sehingga jadwalnya tidak menganggu aktifitas proses perkuliahan dan dan kursus untuk memperoleh 3 sertifikat ini, kursus ini tidak dikenakan biaya atau gratis. Program tambahan ini merupakan salah satu aspek penting untuk membangun karakter kewirausahaan mahasiswa, sehingga mereka bisa bersaing dalam kehidupan di era industri 4.0. Di samping itu, mahasiswa juga akan mendapatkan pelatihan kewirausahaan sehingga mereka bisa melakukan praktek bisnis sambil mengukuti kuliah. Karena sejak kuliah mereka akan mendapatkan pelatihan dan pendampingan dalam melakukan wirausaha.

Baca Juga Mengenal Manfaat Daun Sirsak: Obat Alternatif untuk Warga Desa

ITB Menyematkan Doktor Honoris Causa untuk Jusuf Kalla: Sebuah Apresiasi yang Menginspirasi

Harga Sesuatu: Tergantung Siapa yang Mengenalnya bagian (1)

Intrik Kuasa: Memicu Seteru, Memacu Konflik Wunaโ€“Buton

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *