PANTAI DAMALAWA COCOK UNTUK DI JADIKAN TEMPAT REFRESHING

OLEH:
NIA ROSMAIDA

Damalawa adalah sebuah pulau yang terletak di Donggala, Kabaena Timur. Hanya membutuhkan 10 menit perjalanan dari Donggala ke pulau Damalawa dengan menggunakan sampan (perahu kecil) atau yang lazim disebut koli-koli. Udaranya yang sejuk khas pegunungan merupakan tempat yang cocok untuk tujuan wisata anda. Dari bibir pantai, anda dapat menikmati panorama laut biru berlatar kaki langit yang juga biru. Samar-samar di kejauhan membias hijau pulau Damalawa.

Pantai ini diresmikan di awal tahun 2007 silam. Selang waktu 10 tahun pihaknya pun merintis dan mulai membangun fasilitas di dalamnya. Hingga sekarang selalu dipadati oleh para pengunjung. Hingga untuk menjaga keamanan di tempat wisata tersebut, kepolisian Donggala harus menjaga keamanan.

Pantai berbentuk segitiga lancip ini berada dalam wilayah desa Tapuhaka, kecamatan Kabaena Timur, banyak orang datang berkunjung misalnya lagi refreshing.

Baca Jugaย Mansaโ€™a sebagai Tradisi Bela Diri dalam Masyarakat Wakatobi
Hamparan pasir pantai Damalawa yang luas dan bersih menjadikan kawasan ini nyaman digunakan untuk berjemur atau melakukan aktivitas olah raga, seperti voli pantai dan sepak bola pantai atau bagi yang membawa peralatan bisa melakukan diving. karena belum tercemar limbah tambang, air laut di pulau damalawa sangat jernih dan bersih sangat mendukung aktivitas pengunjung yang ingin berenang atau menyelam. Selain itu, ombaknya relatif tenang menjadi rumah bagi banyak ikan, sehingga tepat sekali digunakan sebagai area memancing.

Hingga saat ini, pantai Damalawa masih menjadi tempat favorit bagi wisatawan. Tidak hanya dari Kabaena yang senang berkunjung ke pantai tersebut, tetapi banyak yang dari daerah lain untuk datang berkunjung.

20200105_221838
Biasanya di akhir pekan, banyak orang berbondong-bondong datang untuk meramaikan pantai. Dengan indahnya tempat wisata ini, sangat cocok di jadikan sebagai tempat untuk refreshing, dengan keindahan laut, angin ribut yang mondar-mandir berterbangan seperti ingin membawaku terbang bersamanya, dan masih banyak lagi.

Masalahyang perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah adalah akses yang lebih luas ke daerah ini. Potensi sumber daya alam, pantai ini memiliki keindahan yang luar biasa. Hanya masih membutuhkan aksesibilitas, serta berbagai akomodasi dan kuliner untuk mendukung pariwisata yang ada di Pantai ini.

Oleh karena itu, pemerintah daerah kabupaten Bombana, dan provinsi Sulawesi Tenggara, perlu mendukung pengembangan aksesibilitas ke daerah ini untuk menciptakan pariwisata yang dapat berdampak pada kesejahteraan masyarakat sekitar.

Baca Jugaย Ara Nobhae na Gendi: Nokoru Nawokirano (Kalau beringin itu masih berbuah, merpati mutiara akan banyak yang datang)

Al Qurโ€™an sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan Modern

Kepulauan Buton, Melayu atau Melanesia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *