Lanskap Daragundi: Potensi Wisata Alam Po’okambua

Po’okambua merupakan salah satu desa wisata yang ada di Wakatobi. Potensi wisata yang dapat dikembangkan di Po’okambua adalah wisata alam dan wisata budaya. Pada wisata alam, masyarakat Po’okambua terdapat potensi wisata lanskap yang berada di pinggir tebing Sombu Daragunti. Ini akan menjadi salah satu kekuatan potensi wisata desa Po’okambua di masa yang akan datang.

Saat ini, kades Po’okambua Amaliah telah memulai pembangunan wisata lanskap itu, dan akan dilouncing dalam beberapa bulan ke depan. Sementara La Ode Ayidin, pendamping desa yang ada di Wakatobi berharap bahwa dengan adanya objek wisata ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Po’okambua.

Baca Juga Air Jatuh La Wele: Potensi Pengembangan Pariwisata Desa

Di samping itu, potensi wisata yang ada di pokambua adalah wisata gua yang ada di dalam Sombu Daragunti  yang disebut uwe lange-lange, yang juga akan dijadikan sebagai objek wisata desa. Di bidang pertanian, desa wisata Po’okambua juga memiliki daerah pertanian yang subur. Sehingga pengembangan eko wisata berbasis kebun masyarakat juga dapat dikembangkan di masa yang akan datang.

Di bidang budaya, desa Po’okambua memiliki berbagai potensi wisata yang dapat dikembangkan, yaitu tari pajogi Po’okambua, serta berbagai kegiatan seperti pengadaan turnamen sepeda bagi anak-anak, juga mereka dapat mengembangkan wisata permainan tradisional seperti mansa’a (pencak silat). Mereka juga dapat mengembangkan tradisi hekomba, kabuenga sebagai salah satu wisata budaya yang dapat dinikmati oleh para wisatawan di daerah ini.

b5b67a20-2c88-46f2-a115-0476d66a771c
Kades Pookambua dan La Ode Aydin (pendamping desa)

Kades Po’okambua berharap dengan pengembangan desa Po’okambua sebagai desa wisata, dapat menjadi salah satu kekuatan Wakatobi dalam menuju Wakatobi sebagai daerah destinasi wisata yang masuk dalam 10 besar destinasi wisata Indonesia. Oleh karena itu, pengembangan desa wisata hendaknya dijadikan prioritas pemerintah kabupaten Wakatobi, provinsi dan pusat di Wakatobi.

Baca juga Desa Wisata Kulati Memiliki Fasilitas Home Stay yang Layak Huni

Adanya gejala pengembangan desa-desa wisata yang selama ini diinisiasi oleh berbagai pihak, perlu disuport oleh pemerintah daerah kabupaten Wakatobi, terutama dalam hal pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Karena ini merupakan lompatan kebudayaan, bagi masyarakat desa yang dulunya bertani dan nelayan, sekarang harus mengembangkan wisata jasa yang tentunya memerlukan konsep pelayanan yang baik.

Oleh karena itu, dukungan pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat sangat diharapkan, terutama dalam melakukan intervensi pada anggaran pelatihan dan pendampingan. Ini juga dapat dianggarkan di desa melalui dana ADD dan DD, karena pengembangan SDM ini sangat menentukan berhasil tidaknya masyarakat desa dalam pengembangan wisatanya. Di samping itu, pengembangan desa-desa wisata di Wakatobi harus mampu mendorong partisipasi public desa, sehingga di masa depan desa-desa wisata ini dapat menjadi kekuatan pembangunan ekonomi Indonesia di masa yang akan datang (su001).

Baca juga Bukit Tumada: Destinasi Wisata Tempat Melepas Lelah

Pinang: Tanaman yang Jangka Panjang yang Bernilai Ekonomis

Mengembangkan Tanaman Hortikultural: Menuju Kemandirian Pangan Wakatobi

8 thoughts on “Lanskap Daragundi: Potensi Wisata Alam Po’okambua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *