HIPMI Wakatobi Yogyakarta: Ruang Kekeluargaan yang Damai

Yogyakarta, Organisasi kemahasiswaan merupakan salah satu badan tempat berkumpulnya mahasiswa di suatu daerah atau di sebuah perguruan tinggi. s

Satu organisasi mahasiswa yang berasal dari daerah di daerah istimewa Yogyakarta adalah Himpunan Mahasiswa Wakatobi (HIPMI Wakatobi). HIPMI Wakatobi yang berkedudukan di Yogyakarta, kemarin selesai dilantik untuk kepengurusan ke depan. Berbeda dengan organisasi-organisasi kepemudaan yang ada di Sulawesi Tenggara, HIPMI Yogyakarta menjalani suksesi dengan damai dan dalam semangat kekeluargaan. Mereka membangun organisasi dengan nuansa yang saling menghargai dan saling menyayangi. Walaupun mereka juga mengedepankan isu oposisi loyal untuk membantu pemerintah kabupaten Wakatobi, provinsi Sulawesi Tenggara dan Indonesia dalam pengembangan pembangunan. Mereka akan tetap menjadi oposisi untuk membangun dialog akademik terhadap pemerintah. tetapi mereka akan tetap loyal pada tujuan negara untuk menciptakan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dsn Undang-Undang Dasar 1945.

Untuk mewujudkan oposisi royal itu, HIPMI Yogyakarta akan melakukan kajian-kajian untuk membangun konsep terhadap pembangunan kabupaten Wakatobi, mereka akan mendukung program program Pemda yang berpihak pada masyarakat, tetapi mereka juga tidak akan mendukung pada program program Pemda yang tidak berpihak pada masyarakat.

Berangkat dari pemikiran di atas, mahasiswa Wakatobi Yogyakarta, telah menghasilkan program kerja untuk kepengurusan ke depan, dengan berharap sebagai kota pendidikan, pemerintah kabupaten Wakatobi seharusnya memiliki asrama mahasiswa sebagai ruang atau sekretariat mahasiswa yang ada di Jogja. Kalau kita merujuk pada beberapa kabupaten lain yang ada di Jogja, berapa kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan sudah memiliki asrama mahasiswa. Untuk kabupaten Muna juga sudah memiliki asrama mahasiswa di Yogyakarta. Sebaiknya Wakatobi juga harus merencanakan pembangunan asrama mahasiswa terutama di kota-kota pendidikan seperti Jogjakarta, Kendari, Makassar, Malang, Bau-bau, beberapa kota lainnya di Indonesia.

Baca Juga Membongkar Mitos Kuliah (9)

Membangun asrama mahasiswa memang tidak seperti bisnis lainnya, pernah membangun asrama mahasiswa adalah investasi di bidang sumber daya manusia. Sebagai bupaten yang miskin sumber daya, kabupaten Wakatobi harus memahami bahwa untuk memajukan kabupaten Wakatobi, aspek sumber daya manusia harus menjadi prioritas. Dan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia kabupaten Wakatobi, pendidikan menjadi salah satu alternatif yang harus diprioritaskan.

Baca juga Membongkar Mitos Kuliah (5)

Kalau kita merujuk pada sejarah, Jepang memiliki kekhawatiran yang tinggi pada ekspansi negara-negara barat untuk menjajah negara-negara timur. Untuk mengantisipasi masalah tersebut, Jepang kemudian menggagas apa yang disebut dalam sejarah sebagai restorasi meiji, sebuah kebijakan kebudayaan yang mewajibkan para Shogun untuk menuntut ilmu di berbagai belahan dunia. Jepang pahami bahwa kekuatan Eropa untuk menjajah dunia dunia timur adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka miliki. Untuk itu, melalui kebijakan Restorasi Meiji Jepang mengutus para shogun untuk belajar berbagai jenis ilmu pengetahuan di berbagai belahan dunia.

Sebagai kabupaten yang miskin sumber daya alam, arah pembangunan kabupaten Wakatobi harus diarahkan untuk pembangunan sumber daya manusia. Memasuki era industri 4,0 dan bahkan 5,0, investasi sumber daya manusia menjadi kekuatan utama bagi sebuah daerah termasuk Wakatobi. Oleh karena itu, mahasiswa Katolik Yogyakarta mendukung pengembangan berbagai asrama daerah di daerah lain termasuk juga di Yogyakarta, karena ini adalah investasi jangka panjang.

Baca juga Metode La Uge: Konsep Survival dalam Era Industri 4.0 (1)

Rahasia Al Qur’an tentang Konsep Kabupaten Maritim (2)

Rahasia Al Qur’an tentang Konsep Kabupaten Maritim (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *