Hafis Qur’an, Menjadi Tawaran kepada MAN Wangi-Wangi untuk Kuliah dengan Beasiswa di UMU Buton

Oleh: Ibrahim Marsela

MAN Wangi-Wangi salah satu SLA Favorit di Wakatobi yang memiliki siswa kelas 12 sebesar 185 orang, mereka berasal dari berbagai desa pulau Wangi-Wangi. Pertemuan kali ini menarik karena diadakan dalam mushala MAN dihadiri oleh seluruh siswa kelas 12 dan dipandu seorang ibu guru. Pemaparan materi berlangsung kurang lebih 30 menit dengan tema “UMU Buton hadir sebagai solusi bagi siswa strata ekonomi menengah ke bawah”

Ada beberapa keunggulan UMU sekaligus sebagai pembeda dengan Universitas lain di wilayah Sultra dan khususnya di wilayah Kepton:

(a). Penetapan biaya SPP rp 1,500,000/semester dan SPB rp 1,500,000 (selama kuliah di UMU) itupun dapat di cicil, ini didasarkan pertimbangan kondisi sosial ekonomi masyarakat, di tengah meroketnya harga kebutuhan pokok termasuk biaya hidup lainnya. Sehingga pihak pengelola sepakat bahwa dalam rangka pemerataan di bidang pendidikan tinggi seluas-luasnya, terutama bagi mereka kurang beruntung perlu ditetapkan biaya pendidikan di UMU serendah-rendahnya agar semua lapisan masyarakat dapat menikmati dunia pendidikan tinggi. Penetapan Biaya rendah bukan berarti UMU murahan, aspek kualitas di atas segalanya dalam penyelenggarakan tridharma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian) kepada nasyarakat di UMU Buton. Kami juga tidak membebani calon mahasiswa dengan biaya pendaftaran dan registrasi, demikian pula biaya imfaq. Harapan kami dengan panjar uang pembangunan  1 juta rupiah sudah ikut proses belajar di UMU Buton dan kami berharap dengan modal Rp 9 juta sudah menyandang gelar sarjana seperti generasi milenial lainnya dengan kwalitas yang menonjol dari yang lainnya.

Baca Juga Harga Sesuatu: Tergantung Siapa yang Mengenalnya bagian (1)

(b). Kemudahan lain bagi calon mahasiswa walaupun UMU sebagai kampus yang baru berdiri 2 tahun, namun mulai tahun ini calon mahasiswa baru sudah dapat mendaftar online berbasis SIAKAD, seperti halnya kampus lain sudah lahir puluhan tahun silam.

(c). Tahun akademik 2020/2021 telah membuka Ruang Belajar  B (RKB) di Pasarwajo 3 program studi dan Ruang Belajar C (RKB) di Buton tengah Waara 4 program studi, untuk mendekatkan calon mahasiswa dengan kampus UMU.

(d). Lokasi kampus UMU Buton sangat strategis diatas tanah 1 ha jalan Betoambari nomor 148 pusat kota Baubau akses dekat dengan sarana dan prasarana perkotaan

(e). Sarana dan prasana pembelajaran sama halnya kampus lain yang sudah berdiri puluhan tahun lalu, bahkan UMU satu-satunya kampus yang didukung sarana peribadatan mesjid yang representatif.

(f). UMU Satu-satunya kampus di Sulawesi Tenggara mendorong dan mencanangkan program beasiswa yang bersumber dari yayasan sebesar 20 calon mahasiswa pada tahun kedua ini dan akan ditingkatkan jumlahnya setiap tahun sejalan perrtambahan jumlah mahasiswa UMU. Program beasiswa dimaksud terdiri dari 8 mahasiswa yang berprestasi dari keluarga yang kurang mampu secara ekonomi, 3 org mahasiswa hafidz Qur’an dan 4 org mahasiswa pemenang lomba karya tulis menyambut hari jadi UMU Buton tanggal 20 mei 2020 beasiswa prestasi.

(g). UMU Buton didukung tenaga Dosen yang berpendidikan S3 dan S2, mereka adalah tenaga-tenaga siap melayani mahasiswa dan sekaligus bertindak sebagai tenan mahasiswa, keluarga dan orangtua mahasiswa. Memiliki kapasitas, kemampuan dan kompotensi yang memadai dibidangnya masing-masing.
Baca Juga Mengenal Manfaat Daun Sirsak: Obat Alternatif untuk Warga Desa
(h). UMU memiliki tage line “membangun karakter calon pemimpin bangsa” selama kuliah di UMU akan mengalami proses penempaan untuk mempersiapkan pribadi unggul dan generasi unggul yang memiliki semangat pantang menyerah, tahan banting, ulet, kreatif, inovatif, kerja keras dan kerja cerdas. Prestasi akademik adalah soal kedua bagi UMU nomor 1 adalah pribadi unggul.

(i). Hal paling utama kenapa harus kuliah di UMU sekaligus sebagai pembeda dgn yang lain:
1). UMU hadir ditengah masyarakat KEPTON sebagai pendidikan tinggi yang berwawasan wirausaha, menghadirkan sejumlah konsep peningkatan kapasitas pengetahuan dan keterampilan wirausaha dan bisnis bagi mahasiswanya. UMU Buton satu-satunya lembaga pendidikan tinggi di Sultra yang mengembangkan konsep kewirausahaan dalam kampus dengan berbagai strategi dan prakteknya di lingkungan kampus. Untuk melahirkan generasi mandiri ketika mereka di masyarakat. Mereka dibekali dengan berbagai konsep dan praktek kewirausahaan, sehingga kelak mereka lepas dari kampus dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan dunia usaha. Mampu menciptakan lapangan kerja dan bukan sebagai buruh di perusahaan orang lain. UMU sedang menjejaki perluasan kerjasama dengan lembaga perbankan, saat ini BRI Baubau telah siap mengucurkan dana KUR Mahasiswa. Untuk merealisasikan Kampus pencetak pengusaha muda, maka di UMU telah dibentuk satu “lembaga entrepeneur dan bisnis center”

Baca JugaMasuk SMAN 3 Wangi-Wangi: Universitas Muslim Buton Menawarkan Beberapa Beasiswa

2). Eŕa global di abad ini, pergerakan informasi antar negara yang demikian cepat dan menembus batas-batas wilayah antar negara, menuntut kesiapan mutu sumberdaya manusia termasuk kemampuan berbahasa inggris adalah sdh menjadi kebutuhan bagi generasi milineal. Bahasa inggris sebagai bahasa pergaulan internasional bangsa-bangsa di dunia, juga saat ini tidak dapat di hindari lalulintas barang/jasa, manusia antar negara demikian cepat dan dinamikanya sangat tinggi menuntut kemampuan bahasa Inggris agar kita bisa beradaptasi dgn keadaan zaman. Bahasa Inggris sdh nenjadi bahasa ekonomi, bahasa akademik, budaya dan lain sebagainya. Guna merealisasikan agenda ini di UMU Buton telah di bentuk satu “lembaga student english activity” untuk mendesign dan meningkatan kapasitas pengetahuan dan keteramlilan mahasiswa UMU di bidang bahasa Inggris di seluruh program studi, melalui pembelajaran extra di luar kurikulum tampa dipungut biaya.

Baca Juga Tiga Program UMU Buton: Menjadi Aspek Penting Mengapa Harus Kuliah Di UMU?

3). UMU Buton juga, menghadirkan program peningkatan keterampilan teknis penggunaan fitur-fitur komputer bagi seluruh mahasiswa UMU. Akan diselenggarakan kursus komputer bagi seluruh mahasiswa tampa di pungut biaya. Harapannya seluruh alumni UMU mampu mengoperasikan komputer sebagai alat kerja secara utuh setelah mereka terjun di masyarakat industri. Stateginya adalah saat ini UMU Buton telah membentuk satu “lembaga Technologi creatif”. Yang tugasnya khusus menangani peningkatan SDM mahasiswa di bidang penggunaan komputer.

Ketiga keterampilan itu disertai Sertifikat sebagai pendamping ijazah sarjana sesuai program studi masing-masing mahasiswa, tujuannya adalah untuk memenangi kehidupan di tengah-tengah persaingan hidup di masyarakat.

Editor: Sumiman Udu

Baca Juga Intrik Kuasa: Memicu Seteru, Memacu Konflik Wuna–Buton

Nyamuk Sombano dan Banjir Jakarta

Tiga Program UMU Buton: Menjadi Aspek Penting Mengapa Harus Kuliah Di UMU?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *