Biji Kelor: Apotik Hidup Bagi Warga Desa

Salam, warga desa ketika dunia dipenuhi dengan ketegangan karena banyaknya sumber penyakit yang muncul, ada hal yang perlu kita lakukan bersama untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Bagi warga desa, kita harus mampu memanfaatkan apa yang ada di sekitar kita. Selama ini, kita sebenarnya memiliki apotek hidup, yang mampu menyiapkan berbagai kebutuhan hidup kita. Dengan menanam kelor, kita dapat menikmati berbagai jenis gizi yang terkandung di dalamnya, baik yang ada pada daunnya, maupun yang ada pada bijinya.

Bagi warga desa yang mabuk laut, mengkonsumsi daun kelor adalah makanan mampu mengembalikan stamina tubuh dengan cepat. Termasuk ibu ibu yang habis melahirkan dan ibu-ibu yang sedang menyusui, daun kelor dapat menjadi alternatif untuk pemenuhan gizi bagi ibu-ibu yang ada di desa. Jangan khawatir, tanaman yang menjadi tanaman inti pada apotek hidup yang ada di desa ini mampu memberikan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Di sisi yang lain, tanaman ini juga memiliki kemampuan untuk memberikan nutrisi yang baik, bukan hanya pada daunnya, tetapi juga pada bijinya. Ada informasi yang menyatakan bahwa “Cukup makan 4 butir saja per hari kita bisa sembuh dari beberapa penyakit. Dengan mengupas kulit untuk menemukan bijinya, biji kelor dapat dimakan seperti kita makan kacang. Dari referensi yang ada, biji kelor dapat bermanfaat untuk kesehatan, yaitu:

  1. Mengobati Anemia Dan Menurunkan Kadar Gula Darah
  2. Menyembuhkan Luka Lambung.
  3. Meningkatkan fokus, daya ingat, dan kesehatan otak.
  4. Untuk Menurunkan Kolesterol
  5. Meningkatkan kesehatan jantung akibat Hipertensi.
  6. Menjaga Kesehatan Hati
  7. Menyembuhkan Insomnia. Menghasilkan efek menenangkan dan membantu Anda tidur lebih lama dan lebih baik.
  8. Meningkatkan Penglihatan
  9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  10. Bertindak Sebagai Pelembab Kulit. Memperlambat penuaan, membuat kulit tampak lebih muda.
  11. Memberikan cahaya alami pada kulit.
  12. Membantu melawan infeksi bakteri dan mempercepat penyembuhan luka dan gigitan.
  13. sangat baik untuk mengangkat kotoran dari kulit dan rambut.
  14. Membantu mencegah kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhan rambut sehat.
  15. Biji Kelor Berkhasiat Untuk Pengolahan Air : digunakan untuk memurnikan, membersihkan, dan menurunkan konsentrasi bakteri dalam air,

Cara Mengonsumsi : Konsumsi hanya 2-4 butir saja dalam sehari, setelah makan. Dikupas lalu dikunyah. Tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi biji ini dalam jumlah besar, karena sifat pembersihan sangat kuat. Dibuat seperti popcorn. Atau dapat ditambahkan ke sup, rebusan atau saus. Anda juga dapat makan mereka dipanggang, seperti makanan ringan.

Sebagai tanaman yang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia, biji kelor dapat dibudidayakan di setiap rumah yang ada di desa. Karena hanya dengan menanam kelor, sebenarnya kita sudah menyiapkan sumber gizi yang dapat membantu kita dapat mewujudkan masyarakat desa yang sehat. Biji kelor dapat membantu berbagai masalah dalam kehidupan kita.

Oleh karena itu, setiap desa sebaiknya membangun apotik desa di kebun desa. Dengan menganjurkan agar setiap rumah menanam 5 sampai 10 pohon di halaman rumah atau di belakang rumahnya, maka masyarakat desa telah menyediakan sumber gizi dan apotek hidup di sekitar semuanya. Jika diusahakan, dalam bentuk bisnis baru, masyarakat desa dapat menghasilkan berbagai produk turunan yang dapat diolah dari tanaman ajaib ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *