Beka atau Kucing: Unik dalam Setiap Kebudayaan

Oleh: Saleh Hanan

Kucing disebut beka di pulau-pulau ini. Beberapa desa memakai nama beka untuk memanggil anak, atau kerabat berusia di bawahnya, untuk penggilan sayang, tersayang, atau bermakna junior yang patut dilindungi kasih sayang.
Betapa, betapa, betapa, kucing ini. Anda bisa balap, mengemudikan kendaraan kencang-kencang, lalu tiba-tiba rem sebab kucing lagi nongkrong di jalan.
Kepercayaan tentang bahaya kontan jika melukai kucing selalu beroperasi dalam benak.
Saya punya teman di tahun 2001, seorang konsultan participatory rural appraisal, Mr. Marco, dari Philipina, mengakui sikap yang sama. Di Philipina juga banyak perlakuan begitu terhadap kucing. Berarti lebih dari mitologi rasa nusantara, sebenarnya mengalir kesolehan kasih universal dilambangkan kucing.
Perhatikan jika Anda berkunjung ke Wangi-Wangi, Wakatobi. Jika Anda sudah cukup bersahabat dengan masyarakat disitu, jangan kaget mereka mamanggilmu ‘beka’. Misalnya, “mari kita makan beka.” Terjemahan bebas panggilan itu adalah, “mari kita makan wahai kucing.”
Tapi metafora panggilan tadi artinya sejak saat itu Anda adalah bagian terdalam pada lingkungan kekerabatan mereka. Aliran kasih sayang sedang menuju padamu.
Luar biasa. Sampai-sampai Gunawan Mohammad, jurnalis senior, jika diminta memilih hidup yang kedua ingin reinkarnasi sebagai kucing. Kurang lebih begitu salah satu tulisannya tentang kucing.

Baca juga:

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Resmikan Kantor Cabang Dinas P&K Muna Buteng

Minat Wirausaha Mahasiswa Berkurang, UMU Siap Lakukan Lompatan

JALAN BERLIKU MENUJU “DOKTOR”

Mari kita periksa! Apakah kucing asli kesayanganmu, sepertimu?
Bahkan sepotong ikan dalam piring makan malammu tak bersisa saat engkau lengah.
Bacaan ini memberitahumu: bahwa metafora berikutnya dari kucing ialah semua tentang kebaikanmu, tak perduli kucingnya tak tau itu.

Maka para pengguna panggilan ‘beka’ itu sebenarnya sedang berlatih. Menguji diri, bisa tulus atau tidak?

(KM Tidar, 26 Januari 2020)

Editor: su001

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *