Asrun Lio, Silaturahim ajang Untuk Membangun Sinergisitas Antarlembaga

Oleh: Suharmin

Usai peresmian Kantor Cabang Dinas (KCD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara zona pelayanan Kabupaten Muna Barat – Buton Tengah. Pembangunan kantor tersebut bertujuan untuk memfasilitasi dan mempercepat proses pelayanan kepada guru-guru sebagai tenaga pendidik dan tenaga kependidikan seperti pengawas, kepala sekolah, laboran dan pustakawan.

Pada malam harinya, bertempat di rumah jabatan Bupati Muna Barat, dilaksanakan ramah tamah yang dihadiri oleh elemen pendidikan se Muna Barat, seperti kepala sekolah, pengawas dan para guru jenjang TK, SD dan SMP. Turut hadir dalam acara tersebut juga Kepala Sekolah SMA/SMK/SLB se Muna Barat dan Buton Tengah. 

Acara tersebut, diisi dengan sambutan-sambutan, antara lain disampaikan oleh, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Muna Barat-Buton Tengah, Asisten 1 Setda Muna Barat, Ketua PGRI Sulawesi Tenggara, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara Dapil Muna, Muna Barat, Buton Utara,  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, serta ditutup oleh sambutan tuan rumah yakni Bupati Muna Barat.

Sebagai pengantar, Asisten 1 Setda Muna Barat senada dengan Kepala KCD Muna Barat dan Buton Tengah dan Ketua PGRI Sulawesi Tenggara mengharapkan kerjasama antar semua stakeholder pendidikan agar pendidikan generasi bangsa bisa berkesinambungan dari TK, SD, SMP sampai ke jenjang pendidikan menengah bahkan sampai di Perguruan Tinggi. 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara menyampaikan bahwa tujuan dari ramah tamah seperti ini, disamping sebagai ajang silaturahmi, juga untuk membangun sinergitas antar elemen pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten setempat yang juga dilakukan Kabupaten lain di Sulawesi Tenggara, seperti kunjungan di dua daerah sebelumnya yaitu di Kabupaten Kolaka Utara dan Kabupaten Buton Utara.

Selanjutnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara menyampaikan juga bahwa kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa telah ditetapkan seorang Pahlawan Nasional yang jika dirunut silsilahnya juga termasuk bagian dari Muna Barat, yakni Oputa Yi Koo atau Sultan Himayatuddin. 

Bupati Muna Barat, LM Raji’un Tumada, terkhusus kepada Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara meminta agar dianggarkan pembangunan Unit Sekolah Baru SMA di Kecamatan Maginti untuk melayani masyarakat di pulau-pulau kecil sekitarnya. 

Acara ditutup dengan salam-salaman serta hiburan dengan suasana yang penuh dengan keakraban.

Editor: Su001

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *